Apa itu PHP

Apa itu PHPSahabat PHP liker apa pernah mendengar istilah php?, Apa itu PHP? Pemberi Harapan Palsu. Hahaha, bukan yang itu. PHP di sini adalah Personal Home Page. PHP adalah sebuah bahasa pemprograman yang banyak digunakan untuk pembuatan website dinamis. PHP sendiri berjalan di atas sebuah server dan pemprograman ini juga bisa digunakan untuk membangun sebuah CMS (Content Management System).


Sejarah PHP.
Rasmus Lerdorf
PHP pertama kali diciptakan serta dikenalkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995.  Sebelum namanya menjadi PHP yang kita kenal saat ini, dahulunya bernama FI (Form Interpreted). Dengan berjalannya waktu dan semakin berkembangnya pemprograman saat ini, banyak para developer yang ikut mengembangkan PHP.


Pada bulan November tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih dan rapih serta lebih cepat saat diproses. kemudian selanjutnya pada bulan Juni 1998 perusahaan tersebut kembali merilis interpreter baru untuk PHP dan selanjutnya diresmikannya dan diberi nama PHP 3.0, dan pada tahun itu PHP bukan mengganti akronimnya bukan lagi Personal Home Page akan tetapi menjadi Hypertext Preprocessing.

Semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan akan keamanan sistem semakin besar. Terlebih lagi saat itu ternyata PHP 3.0 terdapat bug (kesalahan) yang cukup relatif banyak, dan demi upaya tersebut, Zend kembali merilis PHP versi 4.0 pada tahun 1999. Dan setiap kali ditemukan Bug, para developer PHP semakin antusias selalu melakukan pembenahan-pembenahan dan hingga bulan juni 2004, Zend kembali merilis PHP versi 5.0. Pada versi ini ada beberapa perkembangan, diantaranya adalah pada versi ini, PHP 5.0 juga telah dimasukkan model OOP (Object Oriented Program) atau dalam bahasa Indonesianya, Pemrograman yang berorientasi objek.

Info : Wikipedia.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang PHP secara umum. Hampir sama dengan bahasa-bahasa pemprograman lainnya. PHP juga memiliki atribut dan tag-tag atau variabel khusus serta struktur program yang menunjukkan bahwa bahasa pemprograman yang dipakai adalah PHP.
PHP memiliki atribut khusus sebagai penanda bahwa scipt adalah PHP, maka dari itu mari kita lihat kutipan program PHP di bawah ini :

<?php
 echo "Hallo Nemu Kabar!";
?>

Dari penggalan script tersebut bisa dijelaskan bahwa atribut pembuka script PHP adalah <?php dan di akhiri dengan tag penutup ?>. Ini adalah tag wajib yang harus disertakan oleh programmer saat melakukan penulisan script PHP. Dan Echo di atas sama fungsinya dengan Print / println di pemprograman C, yaitu untuk mencetak sebuah objek. Dan contoh di atas jika dijalankan maka web browser akan menampilkan teks "Hallo Nemu Kabar!" tanpa tanda petik dua.
Sedangkan untuk penentuan variable di PHP, mungkin anda bisa lihat kutipan script di bawah ini :

<?php
$vrbl= pernyataan1;
echo "$vrbl";
?>

Melihat dari kutipan script di atas, kita bisa membaca bahwa ada sebuah variabel yang diawali dengan tanda dollar ($), dan kemudian diikuti oleh nama vrbl TANPA SPASI. dan variabel tersebut menyatakan dirinya adalah pernyataan1. Maka di bawah ada tag echo yang gunanya untuk mencetak value dari variabel vrbl.

Jika anda tertarik untuk menjadi programmer PHP, saran yang paling pertama saya sampaikan adalah tetaplah update ke website resminya PHP untuk terus meng-update informasi-informasi tentang perkembangan PHP selanjutnya di www.php.net.

Demikian dulu tentang perkenalan awal kita terhadap bahasa pemprograman PHP. Semoga bisa memberikan wawasan bagi anda semua dan semoga bermanfaat. Nantikan materi pembahasan PHP selanjutnya.

Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar